• Breaking News

    Senin, 10 Juli 2017

    Waspadai Penipuan Yang Terjadi Bagi Para Traveler

    Zona1000 -  Traveler sebaiknya mampu lebih berhati-hati ketika liburan biar tak jadi korban penipuan. Berikut 4 tren penipuan yang tak jarang terjadi pada turis.
    Merencanakan liburan dan benar-benar melakukannya sesuai rencana pastilah menyenangkan. Liburan memang saatnya bersenang-senang , tapi jangan lupa juga untuk terus waspada biar tidak menjadi korban penipuan.

    Cara Mengatasi

    Tahun telah berganti , zaman pun yang makin maju. Sedikit banyak modus penipuan juga makin beragam. Apalagi ketika ini banyak sekali urusan traveling juga sudah dilakukan secara online. Penipuan mirip situs pemesanan palsu banyak beredar.

    Belum lagi ada saja travel agent palsu sampai pemandu wisata abal-abal yang meminta bayaran tanpa kejelasan , dan ini mampu terjadi di banyak sekali negara , berikut ini merupakan 4 penipuan yang sering menimpa traveler:

    1. Situs bohongan

    Yang pertama yaitu cloned website alias situs bohongan atau situs palsu. Situs ini cukup sulit dibedakan sebab begitu mirip dengan aslinya. Misalnya saja situs mengenai pemesanan tiket festival atau paket liburan.

    Tentunya tidak lucu ketika sudah bayar tiket ke rekening tujuan yang tertulis di situs itu ternyata tak ada tiket masuk ke email. Gagal menyaksikan festival dan uang pun raib. Untuk melacak pembuat situs pun tak selalu mudah , butuh bantuan orang yang andal dibidangnya.

    Sebelum memesan apapun melalui situs internet , sebaiknya cek dulu apakah itu resmi atau tidak. Terkadang cloned website ini alamat situsnya sama hanya yang membedakan yaitu .com , .co.id mampu saja diganti .net dan lain sebagainya.

    2. Situs penipuan

    Scam website atau situs penipuan sengaja dibuat untuk menipu customer. Misalnya saja dibuat situs untuk pemesanan hotel dengan tampilan begitu meyakinkan. Kolom untuk sign up pun didesain ciamik.

    Untuk menghindari situs penipuan ini sebaiknya sebelum memesan apapun yang mewajibkan transfer uang , cek dulu apakah itu yaitu situs resmi. Jangan eksklusif percaya dengan tampilan yang bagus.

    Kalau mau , tanyakan juga kepada teman kau apakah pernah booking dari situs tersebut dan bagaimana review-nya. Kemudian biasanya situs pemesanan yang asli diawali dengan 'https://'. Jika tidak ada , kau perlu waspada.

    3. Paksaan membayar uang via transfer

    Satu lagi yang tak kalah penting perihal pemesanan terkait traveling via online. Waspadai jikalau di situs tersebut hanya menyediakan pembayaran lewat transfer bank , tanpa adanya opsi lain mirip menggunakan kartu kredit. Jika traveler terlanjut tertipu dengan yang mirip ini , cukup sulit untuk mampu menerima uang telah dibayarkan kembali ke kantong kita.

    4. Penjahat berkedok petugas resmi

    Dari awal perencanaan sampai liburan terealisasi , biasanya traveler perlu berurusan dengan banyak pihak. Mulai dari biro perjalanan , rental kendaraan , penjual tiket masuk daerah wisata , sampai pemandu wisata. Bukan tidak mungkin , tiba-tiba orang yang berurusan dengan kau yaitu petugas gadungan.

    Kasus traveler yang ditipu pemandu wisata telah terjadi beberapa kali. Contohnya yang terjadi tahun lalu , di mana ada 38 turis China ditelantarkan pemandu wisata di Thailand. Tentunya sayang sekali jikalau impian bersenang-senang ketika liburan malah menjelma masalah.

    Sebaiknya memang kalau membutuhkan jasa untuk mengurus banyak sekali hal terkait liburan , carilah yang resmi. Mulai dari biro perjalanan , pemandu wisata yang bersertifikat dan lain sebagainya..

    Itulah catatan singkat sebelum anda melaksanakan perjalanan untuk berlibur , semoga bermanfaat , terima kasih .


    Sorce : Detiktraveler

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar