• Breaking News

    Selasa, 11 Juli 2017

    Cara Mengatasi Telinga Bernanah Pada Anak Anak

    Zona1000 - Telinga bernanah atau juga dikenal dengan istilah medis otitis media, biasanya disebabkan adanya infeksi pada indera pendengaran di bagian tengah. Penimbunan nanah pada indera pendengaran menimbulkan rasa sakit hingga beberapa ahad dan harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan persoalan pendengaran.

    Cara Mengatasi
    Telinga bernanah pada anak-anak awalnya dialami oleh mereka yang mengalami pilek atau infeksi terusan pernapasan atas. Cairan dari terusan napas ini akan tertumpuk di indera pendengaran tengah melalui sebuah terusan yang disebut pipa eustachius , dan kemudian menciptakan suatu wadah yang tepat bagi kuman dan virus untuk berkembang biak.

    Pipa eustachius yakni terusan yang menghubungkan indera pendengaran bagian tengah ke belakang hidung dan tenggorokan. Saluran ini lebih pendek dan lebih horizontal pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Inilah yang membuat mikroorganisme mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi gendang telinga. Infeksi gendang indera pendengaran ini umumnya terjadi pada anak-anak di bawah usia 10 tahun.

    Gejala-gejala yang ditunjukkan pada anak-anak yang mengalami infeksi gendang indera pendengaran yang akut di antaranya yakni rasa sakit pada indera pendengaran , lesu , anak menjadi mudah kesal , menangis , tidak mau makan , dan resah. Terkadang anak juga mengalami demam dan muntah-muntah.
    Mengapa Telinga Bernanah?
    Seperti yang telah dijelaskan di atas , indera pendengaran bernanah paling sering diderita oleh anak-anak dengan infeksi terusan pernapasan atas. Pada ketika terjadi infeksi , terusan pernapasan akan membengkak karena proses peradangan yang dibentuk oleh tubuh. Pembengkakan ini akan menyumbat terusan penghubung antara gendang indera pendengaran dan tenggorokan , disebut dengan pipa eustachius.

    Sumbatan pada pipa eustachius ini menyebabkan udara tidak mampu masuk ke indera pendengaran tengah sehingga terjadi suatu kondisi vakum yang akan menarik cairan serta kuman dari hidung dan tenggorokan ke indera pendengaran bagian tengah.

    Pada ketika kuman masuk ke indera pendengaran tengah , sel darah putih tubuh akan bereaksi untuk menghilangkan infeksi dan mencegah kerusakan yang lebih luas. Kumpulan sel darah putih yang mati melawan infeksi inilah yang disebut dengan nanah. Nanah ini lama-lama akan menumpuk , sehingga menekan gendang indera pendengaran dan menjadikan gendang indera pendengaran menjadi menonjol.

    Penonjolan gendang indera pendengaran ini seringkali disertai dengan rasa sakit , sehingga penderita akan cenderung mencari pertolongan segera. Hal ini perlu segera diobati guna menghindari gangguan pendengaran.

    Selain pengobatan medis , perawatan indera pendengaran bernanah ini masih mampu dilakukan secara alami di rumah , terutama untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.
    Perawatan Telinga Bernanah di Rumah
    Rasa sakit di indera pendengaran tidak perlu pribadi ditangani di rumah sakit. Pada tingkatan yang ringan , rasa sakit masih mampu diredakan melalui pertolongan pertama di rumah. Upaya yang dapat dilakukan adalah:

    1. Kompres air hangat di bagian luar indera pendengaran untuk membantu meredakan rasa sakit. Tapi lakukan dengan hati-hati , jangan hingga ada air hangat yang menetes dan masuk ke terusan telinga.

    2. Kompres air hirau taacuh juga mampu dilakukan jikalau air hangat tidak membantu. Kompres indera pendengaran yang sakit dengan air hirau taacuh selama 20 menit . Hindari suhu air yang terlalu hirau taacuh karena dapat menyebabkan radang hirau taacuh (frostbite).

    3. Minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Beberapa tetes saja pada tiap lubang indera pendengaran dapat meredakan rasa sakit.

    4. Mengunyah atau menguap dapat membantu meredakan tekanan indera pendengaran bagian tengah. Terkadang , akan terdengar bunyi letupan yang menunjukan pipa eustachius terbuka dan tertutup untuk menyeimbangkan tekanan.

    5.Banyak minum air putih supaya tubuh tetap terhidrasi. Sebagai takaran ideal , anak usia 9-12 tahun sebaiknya diberikan 1 ,5 liter air putih tiap hari.

    Selain perawatan alami tersebut , obat-obatan pereda rasa sakit dan demam , mirip ibuprofen dan acetaminophen , juga mampu diberikan pada anak-anak yang mengalami indera pendengaran bernanah. Antibiotik juga dapat diresepkan dokter jikalau indera pendengaran bernanah bertambah parah.
    Demikianlah Cara Mengatasi Kuping Bernanah Pada Anak Anak , semoga dapat menambah wawasan kita semua , terima kasih.😉😉😉

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar